Memahami Peraturan Permainan Badminton

Image
Permainan Badminton Halo sahabat blogger, selamat berjumpa kembali dengan saya di pojok lensa olahraga, saya berharap anda dalam keadaan sehat dan masih tetap terus melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh anda. Baiklah untuk kali ini saya akan coba membahas tentang memahami peraturan permainan badminton. Peraturan dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah ketetapan yang harus ditaati dan dimengerti oleh setiap pemain yang akan mengikuti pertandingan. Karena itu tidak cukup bagi seorang pemain hanya memiliki kemampuan yang hebat, Akan tetapi juga harus dibekali dengan pemahaman akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan-aturan baku yang telah disepakati dalam permainan bulu tangkis. Peraturan Permainan Badminton Dibawah ini peraturan-peraturan yang harus dipahami oleh seorang pemain dalam permainan bulu tangkis antara lain: 1. Peraturan Service Permainan Bulu tangkis Servis (Service) Merupakan pukulan pertama ke arah lawan yang dilakukan untuk memulai suatu permai

Belajar Tentang Peraturan Permainan Sepak Bola

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang kilas sejarah sepak bola dunia, teknik dasar permainan sepak bola dan juga kita sudah membahas bentuk dan ukuran lapangan sepak bola. Namun kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang bagaimana tentang peraturan sepak bola itu sendiri. Untuk itu dalam tulisan saya yang dibawah ini, saya akan mencoba membahas tentang bagaimana peraturan sepak bola itu sendiri.


Dalam setiap permainan olahraga termasuk juga permainan sepakbola, kita diharuskan untuk mematuhi setiap peraturan yang telah dibuat apabila kita ikut dalam setiap pertandingan yang akan kita lakukan. Pada dasarnya di dalam suatu peraturan permainan sepak bola telah banyak diketahui oleh banyak orang, baik itu pemain yang ikut dalam pertandingan atau pun penonton yang sedang melihat.
Akan tetapi sebelum kita melakukan pertandingan sepak bola, alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu mengenai teknik dasar dalam permainan sepak bola. Selain itu kita perlu paham betul dengan peraturan di dalam permainan sepak bola.
Berikut dibawah ini merupakan peraturan permainan sepak bola lengkap dan penjelasannya:
1. Ukuran Lapangan

  • Ukuran panjang lapangan : (100 – 110 Meter)
  • Lebar lapangan : (64 – 75 Meter)
  • Luas pada daerah gawang : (18,35 x 5,5 Meter)
  • Jari-jari lingkaran tengah : 9,15 Meter
  • Daerah penalti : (40,39 x 16,5 Meter)
  • Jarak titik penalti antara garis gawang : 11 Meter

2. Ukuran Gawang

  • Tinggi gawang : 2,44 Meter
  • Lebar gawang : 7,32 Meter

3. Bola

  • Bentuk bola : bulat
  • Bahan : kulit
  • Berat bola : (396 – 453 gram)
  • Keliling lingkaran : (68 – 71 senti Meter)

4. Peraturan Memulai Pertandingan

  • Memulai pertandingan

Sebelum pertandingan sepakbola itu dimulai semua pemain yang akan bertanding diharuskan untuk berjabat tangan antar sesama pemain dan juga lawan yang berbaris ke arah penonton.
Dan untuk wasit akan membawa uang logam serta akan memanggil kapten dari setiap tim untuk hendak memilih sisi logam, kemudian wasit akan melempar logam tersebut, dan pilihan dari sisi dari logam yang sesuai oleh pilihan kapten dapat memilih bola awal atau pilih dengan gawang.

5. Jumlah Pemain Sepak Bola
Dalam setiap permainan olahraga termasuk juga permainan sepak bola, terdiri dari 2 regu yang akan bertanding di lapangan yang setiap regu masing-masing tim memiliki 11 orang pemain (salah satunya adalah penjaga gawang). Apabila pemain suatu tim <= 7 atau 4 pemain yang bertanding di lapangan disebabkan pemain lainnya terkena kartu merah, maka tim itu dianggap kalah.

6. Pemimpin Tim (Captain)
Dalam setiap tim yang bertanding harus memiliki captain, tujuannya merupakan kapten itu sendiri sebagai pemimpin bagi para pemain yang lainnya yang sedang bertanding di lapangan. Dan apabila terjadi masalah dengan tim, maka kapten itu yang nantinya yang akan berdiskusi dengan wasit.

7. Peraturan Memakai Aksesoris

  • Aksesoris pemain

Jersey
Di dalam suatu pertandingan kedua regu tidak diperbolehkan menggunakan jersey satu warna dengan regu lainnya. Setiap regu diwajibkan untuk mempunyai identitas yang berbeda, setiap regu diharuskan memiliki dua warna jersey.
Satu digunakan untuk pertandingan rumah atau biaya disebut dengan “Home” dan satu lagi digunakan untuk laga tandang atau disebut dengan “Away”.

Kaos kaki
Di pertandingan resmi sepakbola, pemilihan warna kaos kaki haruslah sama. Dan kaos kaki ini bertujuan untuk melindungi pada tulang kering serta mencegah cidera lainnya.

Sarung Tangan
Sarung tangan ini tentu hanya boleh dipakai oleh kiper (penjaga gawang), fungsinya untuk mempermudah penjaga gawang dalam menangkap bola serta melindungi tangannya dari tendangan bola keras. Pemain lainnya diperbolehkan menggunakan sarung tangan ketika berada pada lapangan yang dingin atau bersalju.

Penutup kepala
Penutup kepala ini digunakan untuk pemain yang mengalami cidera.
Dan untuk aksesoris yang dilarang, seperti anting, gelang, kalung, dan lain sebagainya.

8. Wasit
Wasit merupakan orang yang memegang penuh dalam jalannya suatu pertandingan serta memberikan keputusan jika pemain bola telah melanggar peraturan yang ada. Wasit utama juga dibantu oleh 2 asisten wasit.


9. Asisten Wasit
Asisten wasit sering disebut dengan “linesman”. Bertugas untuk memberitahukan kepada wasit utama jika terjadi offside dan juga suatu pelanggaran dengan menggunakan tanda bendera serta bertugas mengawasi jika terjadi throw in dan juga tendangan sudut.


10. Waktu Permainan Sepak Bola
Durasi permainan
Permainan sepak bola dilakukan selama 90 menit dan dibagi menjadi 2 babak, untuk setiap babak memiliki waktu 45 menit. Dan waktu istirahat kurang lebih sekitar 15 menit.
Gelora Bung Karno, merupakan Stadion Sepak Bola Terbesar di Indonesia
Jika selama waktu 90 menit telah habis dan pertandingan tersebut membutuhkan pemenang, maka akan dilakukan tambahan waktu atau “extra time” dengan lama durasi 2 x 15 menit. Dan apabila kedudukan masih saja sama, maka pertandingan tersebut akan diadakan adu penalti.

11. Peraturan Kick Off
Kick off dilakukan saat akan memulai permainan, dalam permainan sepak bola dilakukan saat:

  • Memulai pertandingan
  • Memulai babak kedua
  • Terjadinya gol
  • Memulai babak extra time



12. Peraturan Gol
Peraturan gol
Dalam melakukan perhitungan gol ini dilakukan saat bola masuk ke jaring gawang dan melewati garis gawang serta tidak ada pemain yang melakukan offside, pelanggaran, atau pun handsball. Dan semua keputusan ada pada wasit yang menentukan gol itu sah atau pun tidak.

13. Peraturan Offside dan Onside
Jadi offside ini bisa terjadi apabila ada teman satu tim yang mengoper ke pemain lain akan tetapi berada didepan bek pertahanan dari lawan. Dan asisten wasit yang dapat menentukan terjadinya offside atau pun onside dengan cara mengangkat bendera. Untuk peraturan onside itu sebaliknya.

14. Peraturan Bola Keluar (Out)
Ketika bola keluar dari sisi lapangan maka terjadi lemparan kedalam. Dan untuk bola yang keluar dari garis samping gawang maka akan terjadi yang namanya tendangan sudut. Dan apabila ada pemain yang cedera, wasit juga berhak untuk memerintahkan mengeluarkan bola.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Olahraga YOGA

15. Lemparan kedalam (Throw in)
Lemparan kedalam
Dilakukan saat bola keluar dari lapangan, dan tim yang dapat mengambil lemparan kedalam tersebut adalah tim yang tidak mengeluarkan bola dari lapangan. Saat akan melakukan lemparan, pemain tidak boleh terlalu lama membuang waktu dan juga tidak boleh mengangkat satu kaki.

16. Tendangan Gawang
Dilakukan ketika bola telah melewati garis gawang disebabkan pemain lawan. Penjaga gawang maupun teman satu tim bisa juga melakukan tendangan gawang.


17. Tendangan Sudut (Corner kick)
Dilakukan ketika bola telah keluar dan melewati garis gawang yang dilakukan oleh pemain bek atau satu tim, tendangan tersebut dilakukan pemain lawan. Dan untuk letak tendangan gawang berada pada pojok kiri atau kanan lapangan.


18. Peraturan Pergantian Pemain
Dan selanjutnya peraturan dalam pergantian pemain sepak bola hanya dapat dilakukan maksimal 3 orang pemain untuk setiap pertandingan resmi, akan tetapi pergantian pemain boleh juga dilakukan sebanyak 7 orang pemain untuk setiap pertandingan persahabatan resmi dan terdaftar di badan resmi sepakbola dunia (FIFA).

Baca Juga : Strategi Dan Formasi Futsal Yang Sering Dipergunakan 

19. Peraturan Pelanggaran
Peraturan pelanggaran bola
Pelanggaran ini dapat terjadi diakibatkan karena tackle keras, handsball, atau mendorong lawan, menarik, dan masih banyak lagi pelanggaran yang bisa disebabkan. Apabila pelanggaran tersebut parah, wasit akan mengeluarkan kartu, ada 2 macam kartu yakni kartu kuning dan kartu merah .Apabila pemain mendapat kartu kuning, maka otomatis dia mendapat peringatan keras, dan jika dia mendapat kartu kuning satu lagi maka di akan di keluarkan dalam permainan. Dan apabila ada pemain yang mendapatkan kartu merah, maka dia akan langsung dikeluarkan dari pertandingan.

20. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)
Untuk tendangan bebas ini bisa dilakukan pada tempat terjadinya suatu pelanggaran, apabila terjadi tendangan bebas, dalam peraturan tendangan bebas dapat dibedakan menjadi dua macam jenis:

  • Direct free kick (Tendangan Bebas Langsung)

Peraturan Tendangan Bebas Langsung
Tendangan bebas langsung atau yang dikenal juga sebagai tendangan satu sentuhan kaki, mengacu pada satu tendangan untuk mencetak gol. Tendangan ini selalu terjadi di tempat terjadinya pelanggaran di daerah musuh atau dekat kotak penalti lawan.
Pemain dapat melakukan tendangan langsung yang bertujuan membuat gol dari posisi tersebut. Meski begitu hal lain terjadi jika pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti. Namanya bukan tendangan bebas lagi melainkan tendangan penalti.
Menurut peraturan FIFA, tendangan bebas langsung diberikan wasit dengan pelanggaran seperti berikut:

  • Meloncat kepala pemain lawan
  • Menendang atau berniat menendang pemain lawan
  • Melakukan tekel yang dilarang atau tekel berbahaya
  • Menabrak pemain lawan
  • Mendorong pemain lawan\Menarik atau berniat melakukannya kepada pemain lawan
  • Menahan pemain
  • Sengaja memainkan bola dan memancing provokasi lawan
Baca Juga : Teknik Dasar Bermain Futsal 
  • Indirect free kick (Tendangan Bebas Tidak Langsung)

Tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan tidak yang tidak bertujuan untuk langsung mencetak gol. Biasanya karena pelanggaran dilakukan lawan jauh dari luar kotak penalti atau di daerah tim musuh, bukan daerah permainan tim sendiri.
Sejarah tendangan bebas itu diambil dari peraturan Sheffield yang menyatakan bahwa tak ada gol yang dapat tercipta dari tendangan bebas tidak langsung, karena posisinya yang jauh dari gawang lawan. Peraturan itu dimasukkan ke peraturan pertandingan pada 1877.
Ada juga tendangan bebas tidak langsung di kotak penalti yang diberikan terkait pelanggaran yang dilakukan kiper. Meski kiper melakukan pelanggaran di kotak penalti, namun tim yang diberikan keuntungan bukan berupa tendangan penalti, melainkan tendangan tidak langsung yang mengarah ke gawang berupa satu pemain memberikan bola dahulu ke rekannya yang kemudian bisa langsung menendang ke arah gawang lawan.

  • Menurut peraturan, tendangan bebas tidak langsung di kotak penalti diberikan ketika kiper melakukan hal berikut:


  1. Menyentuh bola dengan tangannya setelah rekannya sengaja memberikan bola, atau melakukan back pass yang menyulitkan nya untuk menendang karena adanya tekanan pemain lawan.
  2. Memegang bola dengan tangannya lebih dari enam detik sebelum melepaskannya lagi
  3. Menyentuh bola dengan tangannya setelah melepaskannya, dan sebelum pemain lain menyentuhnya.
  4. Menyentuh bola dengan tangannya setelah dia menerima bola langsung dari lemparan ke dalam yang diambil rekan satu regu nya.


  • Tendangan bebas tidak langsung juga bisa diberikan wasit ketika pemain lawan melakukan hal berikut:


  1. Menghentikan kiper untuk memaksa melepaskan bola dari tangannya
  2. Bermain dengan cara yang berbahaya
  3. Mengganggu pergerakan pemain lawan, kecuali ketika melindungi bola dari sergapan pemain lawan.

Selain kedua kategori tendangan bebas tidak langsung di atas itu, ada juga peraturan umum untuk tendangan bebas langsung dan tidak langsung dalam sepakbola.

  • Peraturan Umum untuk Tendangan Bebas Langsung dan Tidak Langsung

Pemain tidak boleh menendang bola dua kali sebelum bola disentuh pemain lainnya, jika tidak, tendangan bebas tidak langsung akan diberikan kepada pemain lawan dari tempat pelanggaran terjadi.
Sebuah tendangan bebas tidak langsung juga di tunjukkan dengan gerakan wasit saat dia akan mengangkat tangannya di atas kepala, dan tangannya tetap pada posisi tersebut hingga tendangan dilakukan, sampai bola menyentuh pemain lainnya.
Jika wasit tidak mengangkat tangannya untuk menunjuk zona tendangan bebas tidak langsung, dan pemain langsung menendang bola tepat ke gawang lawan, maka tendangan bebas tidak langsung akan diambil kembali.

Pemain tidak diperbolehkan memberi isyarat atau menggerakkan bagian tubuhnya untuk mengganggu lawan ketika tendangan bebas dilakukan. Jika tidak, maka pemain yang melakukannya akan diperingati wasit.
Melakukan gerakan yang pura-pura seperti diving agar dapat terjadi pelanggaran tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung juga diperbolehkan, namun tindakan itu merusak nilai fair play sepakbola.

Baca Juga : PERATURAN-PERATURAN DALAM PERMAINAN BOLA FUTSAL

Pemain yang tidak berada di posisi yang diperbolehkan untuk menendang ketika tendangan bebas dilangsungkan akan diperingati dan jika mereka mengulangi nya lagi, maka mereka diminta mundur. Wasit seharusnya memperbolehkan tendangan bebas diulang dalam situasi tersebut.
Meski begitu, jika eksekutor mengambil tendangan bebas cepat sebelum lawan (pagar betis) berada di zona yang diizinkan, wasit diperbolehkan melanjutkan permainan.

21. Terjadinya Penalti
Terjadinya penalti
Penalti ini bisa terjadi dikarenakan adanya pemain yang melakukan pelanggaran pada area penjaga gawang. Misalnya seperti handsball, tackle, atau pun pelanggaran lainnya.

Demikianlah pembahasan saya tentang belajar tentang peraturan permainan sepak bola yang boleh saya jelaskan pada saat ini. Untuk lebih bermanfaat lagi silahkan bagikan ke teman-teman anda. Terima kasih sudah mampir ke blog pribadi saya ini. Salam Olahraga!!!.

Comments

  1. sangat membantu artikel ini dalam bermain sepak bola
    jgn lupa baca juga artikel tentang
    Zlatanibrahimovic

    ReplyDelete
  2. bagus bgt artikel ini, saya jadi tau gimana cara main bola. biasanya ane main permainan sepak bola di hp

    ReplyDelete
  3. Saya mau tanya...di tempat saya,dalam sepakbola adakah aturan,jika pertandingan berlangsung,kita selaku pemain berkata "pas" menurut wasit itu pelanggaran...sy cari di google tentang aturan tsb tp tidak ada,demikian terima kasih

    ReplyDelete
  4. Peluang Barcelona untuk menyapu bersih semua laga babak penyisihan grup dengan kemenangan terbuka lebar. Mereka dijadwalkan akan menghadapi Juventus untuk menuntaskan misi meraih kemenangan di fase grup.

    Link Live Streaming Barcelona vs Juventus

    ReplyDelete
  5. CV Bahagia Sukses Makmur bergerak dibidang jasa konstruksi pembangunan waterpark,kolam renang,kolam ombak,olympic pool,semi oliympic,pembuatan fiberglass dll

    Kami juga menerima pembuatan kolam renang kontainer/Kontainer pool untuk kebutuhan anda

    Keunggulan pembuatan kolam renang di kami:

    Hasil pengerjaan dijamin berkualitas
    Bergaransi Kebocoran 3 tahun
    Bergaransi lampu 3 bulan
    Bergaransi Pompa 6 Bulan
    Menyediakan Jasa Perawatan kolam renang
    Proses cepat dan on time

    Dapatkan penawaran menarik untuk pembuatan konsep kolam renang/kontainer ini.

    KAMI SIAP MENERIMA PERMINTAAN PEMBUATAN WATERPARK DAN WATERBOOM DI SELURUH INDONESIA

    Hubungi kami sekarang juga di
    ALAMAT: Ruko Cendana Raya No.15A Bencongan Indah Karawaci Tangerang
    Chat admin di No Hp/wa: 085100463227/ 081316140397

    #jasapembuatankolamrenang #kolamrenangpribadi #pembuatankolamrenang #swimmingpool #kontraktorkolamrenang

    https://containerpooljakarta.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/kolamrenangkontainer
    https://twitter.com/BsmPool
    https://id.pinterest.com/bsmcontainerpool/
    https://sites.google.com/view/kolamrenangkontainer/

    ReplyDelete
  6. Bosan di rumahaja? Gabung sekarang dan menangkan jutaan rupiahnya Bersama kami :)
    Pelayanan CS Fast Respon 24 Jam Non-Stop, Hubungi customer service kami :
    WA : +85516326756
    IG : @ligautama_win

    ReplyDelete

  7. Bingung cari Bandar judi yang Terpecaya ?
    Bingung cari Situs Judi dengan Persentase kemenangan terbaik ?

    Daftar sekarang di BANDARBO
    Agen Judi Terbesar, Terlengkap Dan Terpercaya sejak 2015
    Agen dengan penarikan uang kemenangan terbaik
    Situs Judi dengan Persentase kemenangan terbaik ?

    menang berapapun pasti di bayar !!!
    Proses Depo / WD Hitungan menit , Terbaik dan Tercepat .

    Gebyar Event & Bonus Website kesayangan kita BANDARBO
    ~ Event parlay win all
    ~ Bonus jackpot poker & domino
    ~ cashback Slot 100%
    ~ Event Bonus freespin 20%
    ~ Bonus new member 100%
    ~ Bonus Extra turnover Bulanan
    ~ Cashback 100% parlay kalah 1
    ~ Asuransi Red Card 100%

    Tersedia game

    ~ IDN poker
    ~ live casino
    ~ IDN live
    ~ Slot Online
    ~ SBObet
    ~ Ubobet
    ~ CMD368
    ~ SONG88
    ~ TOTO MACAU

    Tersedia deposit Via Bank
    ~ BRI ~ BNI ~ DANAMON ~ BCA ~ MANDIRI

    Tersedia deposit Via e-wallet
    ~ DANA ~ OVO

    Contact Us :
    LINE: bandarbo_official
    WA : +6282133902699

    INFO LEBIH LANJUT >>>>>>>
    Facebook :
    INFO SEPAK BOLA INDONESIA
    https://www.facebook.com/groups/489810535620288
    BANDARBO TV
    https://www.facebook.com/groups/1985786791565267
    Youtobe :
    https://www.youtube.com/channel/UC95NrEuIx53zayON6v33d5Q...
    Instagram :
    https://www.instagram.com/bandarbo_tv86/
    Instagram :
    https://www.instagram.com/nobar.live/?hl=id
    Untuk Info lebih lanjut silahkan ke CS kami
    Link Alternatif ?
    🌐 www•bandarbo•link
    WhatsApp ?
    🌐 0821 3390 2699

    ReplyDelete
  8. Promo Yang berlaku Di WWW.SUMOKITA.INFO :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% (max 200 rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Cashback Mingguan Di Slot 5% - 15%
    - Bonus Referensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Referral 0.1%
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Poker 0.2%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66% , 3D : 59% , 2D : 29%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^

    ReplyDelete
  9. Daftar Online Terbaik
    DAFTAR SEKARANG DI SUMOBOLA
    MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA , DANA , OVO , GOPAY , BRILINK.

    Hanya disini bisa deposit pada saat bank OFFLINE
    * Menggunakan sistem yang aman tetapi tidak meribetkan pemain
    * Minimal Deposit dan Withdraw kita hanya 50.000 saja loh
    * Bank yang tersedia di SUMO BOLA :
    BCA | Mandiri | BNI | BRI | Danamon | CIMB Niaga

    DAFTAR SEKARANG :
    WA : +6282297552919

    -Bonus Deposit 10% Setiap Hari Bebas Klaim
    -Cashback Up To 15%
    -Bonus Refferal Seumur Hidup
    -Dapatkan panduan bermain terbaik bersama kami

    ReplyDelete
  10. Daftar Online Terbaik
    DAFTAR SEKARANG DI SUMOBOLA
    MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA , DANA , OVO , GOPAY , BRILINK.

    Hanya disini bisa deposit pada saat bank OFFLINE
    * Menggunakan sistem yang aman tetapi tidak meribetkan pemain
    * Minimal Deposit dan Withdraw kita hanya 50.000 saja loh
    * Bank yang tersedia di SUMO BOLA :
    BCA | Mandiri | BNI | BRI | Danamon | CIMB Niaga

    DAFTAR SEKARANG :
    WA : +6282297552919

    ReplyDelete
  11. Mainkan Slot Online, Togel Online, Fishing & Live Casino Hanya Di #NADA4D.
    Situs Judi Togel Dan Game Slot Online Terpercaya.

    *Minimal Betting Togel 500 Rupiah.
    Tersedia 10 Pasaran Togel Terkenal, seperti
    - Pasaran HK Siang
    - Pasaran SG Metro
    - Pasaran Sidney
    - Pasaran Malaysia
    - Pasaran Singapore
    - Pasaran Singapore 45
    - Pasaran Malaysia Siang
    - Pasaran Macau
    - Pasaran Qatar
    - Pasaran Hongkong

    * 5 Provider Slot Terbesar.
    - Pragmatic Play
    - Habanero
    - Spade Gaming
    - TopTrend Gaming
    - Joker Gaming

    * Live Casino
    - ION Casino
    - Pragmatic Play
    - Sexy Gaming
    - All Bet
    - IDN Live

    Dan Permainan Tembak Ikan Yang Sangat Menarik.

    *Tersedia Promo
    1. BONUS NEW MEMBER UP TO 30%.
    2. CASHBACK KEKALAHAN LIVE CASINO UP TO 10%.
    3. BONUS ROLLINGAN TEMBAK IKAN & SLOT GAMES 0.8% DIBAGIKAN SETIAP HARI SELASA.
    4. CASHBACK KEKALAHAN TOGEL UP TO 1%.
    5. PROMO FREEBET / FREECHIPS SETIAP BULANNYA.
    6. BONUS CASHBACK HARIAN 5%.
    7. EVENT BONUS DEPOSIT HARIAN 5.000 ( HANYA UNTUK PERMAINAN SLOT ) .

    Contact :
    Whatsapp : +62819-5885-3905
    Link : Nada4D . Online
    Link IP : 128 . 199 . 250 . 188

    ReplyDelete

  12. MARIO4D
    SITUS TARUHAN TERPERCAYA
    1 ID UNTUK SEMUA GAMES
    Togel Online - Sportsbook - Slot Game - Casino Live
    Tangkas - Sabung Ayam - PKV

    💕BONUS NEW MEMBER 100% KHUSUS SLOT
    💕DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN
    HUBUNGI KAMI:
    Fanspage : SITUS Mario4D
    IG : mario4d_official
    📱 +6287775470943
    www.angkamario.com

    ReplyDelete

  13. Hai Para Pecinta Poker Mania Buruan Daftar Dan Coba Putaran MEJA Hoki Harian Di WWW,QQKAS,NET /

    ORG

    LAPAK POKER & BANDAR DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA
    BOCORAN MEJA HOK 1 USER ID = 3X Bocoran (1hari1x)


    NB: Info Lengkap Langsung ke Whatsapp kami
    WA: +85598791608
    LINK Kontak : https://wa.me/+85598791608

    Terima Deposit Bank Via Aplikasi ( DANA , OVO , LINK AJA , GOJEK , GOPAY )
    Bisa Juga Deposit PULSA Via Aplikasi Uang Elektronik
    ( KREDIVO , AKULAKU, SHOPEE , LAZADA , TOP INDOPAY , BUKA LAPAK , TELKOMSEL , SIMPATI , KIOS

    PULSA , INDOMARET , ALFAMART , ALFAMIDI dan Lainnya )

    Depo PULSA Diproses TANPA POTONGAN hanya disini bosku ^^

    Link Resmi : WWW,QQKAS,NET / ORG

    ReplyDelete
  14. >>>>>>>>>Be The Next Poker King Bosku <<<<<<<<<

    Raiih kemenangan Fantastik dengan cara mudah memainkan kartu online saja bisa berkesempatan

    Withdraw Besar untuk menjadi pemenang dengan mudah kami solusi nya ...
    Meja hoki selalu di hadirkan untuk para member tercinta WWW,QQKAS,NET / ORG


    Daftarkan Diri Di KASQQ & Raihlah Kemenangan Sebanyak Banyaknya

    Promo Yang di Sediakan, Berupa :

    -Deposit PULSA Diproses Tanpa Potongan !!
    - Bisa Deposit Via Aplikasi ( DANA , OVO , LINK AJA , GOJEK , GOPAY ,KREDIVO , AKULAKU, SHOPEE ,

    LAZADA , TOP INDOPAY , BUKA LAPAK , TELKOMSEL , SIMPATI , KIOS PULSA , INDOMARET ,

    ALFAMART ,

    ALFAMIDI dan Lainnya )
    -Bonus Rollingan 0,3%- 0.5% ( Setiap Hari Rabu & Minggu )

    - Bonus Referral 20% Seumur Hidup

    Buruan Daftar Dan Menangkan Sekarang !! Karna Kemenangan Anda Adalah Prioritas Kami !

    Situs Resmi : WWW,QQKAS,ORG
    LINK WA : https://wa.me/6282386280835


    -WA : +6282386280835

    ReplyDelete
  15. This information is very useful, thank you for sharing, and don't forget to visit our website below.

    Live22
    Bandar Bola
    Agen Slot Pragmatic Play
    Agen Bola Sportsbook

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian dan Cara Melakukan Bleep Test

Bentuk dan Ukuran Lapangan Sepak Bola