Memahami Peraturan Permainan Badminton

Image
Permainan Badminton Halo sahabat blogger, selamat berjumpa kembali dengan saya di pojok lensa olahraga, saya berharap anda dalam keadaan sehat dan masih tetap terus melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh anda. Baiklah untuk kali ini saya akan coba membahas tentang memahami peraturan permainan badminton. Peraturan dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah ketetapan yang harus ditaati dan dimengerti oleh setiap pemain yang akan mengikuti pertandingan. Karena itu tidak cukup bagi seorang pemain hanya memiliki kemampuan yang hebat, Akan tetapi juga harus dibekali dengan pemahaman akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan-aturan baku yang telah disepakati dalam permainan bulu tangkis. Peraturan Permainan Badminton Dibawah ini peraturan-peraturan yang harus dipahami oleh seorang pemain dalam permainan bulu tangkis antara lain: 1. Peraturan Service Permainan Bulu tangkis Servis (Service) Merupakan pukulan pertama ke arah lawan yang dilakukan untuk memulai suatu permai

Teknik Dasar Bermain Futsal

Pengertian Keterampilan Teknik Dasar Bermain Futsal

Futsal merupakan olahraga sepak bola yang berada didalam ruangan yang membutuhkan kompetensi kemampuan yang cukup tinggi, pemain yang lebih sedikit, cara bermain yang lebih cepat, serta kesempatan untuk mencetak skor lebih besar. Futsal sendiri diciptakan sebagai alternatif dari permainan sepak bola yang tidak bisa dilakukan akibat musim salju di Eropa kala itu.

Futsal juga diyakini sebagai sarana pembentukan pemain muda yang ingin memulai karir dalam olahraga sepak bola, dan juga dilakukan untuk menjaga serta melatih kemampuan fisik pemain secara umum dan kemampuan teknik secara khusus.


Futsal merupakan olahraga yang dinamis, dimana para pemainnya diharuskan agar selalu bergerak dan membutuhkan teknik ketrampilan pemain yang cukup tinggi serta memiliki determinasi yang tinggi. Jika dilihat secara garis besar tentang teknik ketrampilan permainan Futsal hampir sama dengan permainan sepak bola, namun perbedaan yang cukup mendasar dalam permainan Futsal lebih banyak menahan atau mengontrol bola menggunakan telapak kaki pemain, dikarenakan bagian permukaan lapangan Futsal memiliki permukaan yang keras. Pemain Futsal diharuskan mengontrol bola tidak boleh jauh dari kedua kakinya, apabila bola jauh dari kedua kaki pemain dengan ukuran lapangan yang kecil besar kemungkinan pemain lawan begitu gampang merebut bola.
Dibawah ini penjelasan tentang gerakan keterampilan teknik dasar dalam bermain Futsal selalu digunakan dalam permainan.

Baca Juga: PERATURAN-PERATURAN DALAM PERMAINAN BOLA FUTSAL

A. Teknik Dasar passing
Passing merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan Futsal yang begitu mendasar yang harus di kuasai setiap pemain, dengan permukaan lapangan yang rata serta ukuran lapangan yang kecil membutuhkan passsing yang keras dan akurat sebab bola yang akan diberikan kepada teman meluncur sejajar dengan tumit pemain. Hampir di sepanjang permainan Futsal selalu menggunakan passsing. Dalam hal menguasai teknik dasar keterampilan passing membutuhkan penguasaan gerakan sehingga sasaran dapat tercapai.
Yang perlu diperhatikan dalam dalam melakukan passing:
1. Letakkan kaki tumpuan tepat berada disamping bola, bukan kaki yang akan melakukan passing.
2. Gunakan kaki bagian dalam untuk melakukan passing.
3. Kunci bagian tumit ketika saat bersentuhan dengan bola lebih kuat.
4. Kaki bagian dalam diarahkan ke tengah bola dan ditekan kebawah supaya laju bola tidak
        melambung.
5. Dilanjutkan dengan gerakan lanjutan, dimana kaki yang melakukan passing saat bersentuhan              dengan bola ayunan kaki tidak boleh dihentikan.

B. Teknik Dasar Menahan Bola (Control)
Dalam hal melakukan keterampilan menahan bola dalam permainan Futsal harus menggunakan bagian telapak kaki. Sebab dengan permukaan lapangan yang rata maka laju bola akan meluncur begitu cepat sehingga setiap pemain harus dapat menahan bola dengan baik, jika menahan bola jauh dari kedua kaki pemain, besar kemungkinan pemain lawan dapat merebut bola. Yang harus diperhatikan saat menahan bola yaitu:
1. Fokus dan selalu lihat datangnya bola.
2. Jaga keseimbangan tubuh pada saat datangnya bola.
3. Tahan atau sentuh dengan menggunakan bagian telapak kaki supaya bola nya tidak bergerak                dan mudah dikuasai.

Baca Juga: Kilas Sejarah Bulu tangkis di Indonesia

C. Teknik Dasar Mengumpan Lambung (Chiping)
Keterampilan teknik dasar mengumpan lambung selalu dilakukan dalam permainan Futsal dimana dalam hal ini bertujuan untuk mengumpan bola dibelakang lawan dalam kondisi lawan bertahan satu lawan satu. Teknik dasar ini hampir sama dengan melakukan teknik passing, namun perbedaannya terletak dimana saat melakukan chiping menggunakan bagian atas dari ujung sepatu dan perkenaan nya tepat berada dibawah bola.

D. Teknik Dasar Menggiring (Dribbling)
Teknik dasar menggiring merupakan ketrampilan yang paling penting yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Dribbling adalah ketrampilan setiap pemain dalam menguasai bola sebelum diberikan kepada teman dalam hal untuk menciptakan peluang dalam mencetak gol ke gawang lawan. Yang harus diperhatikan dalam melakukan teknik dribbling yaitu;
1. Kuasai bola dan menjaga jarak dengan pemain lawan.
2. Jaga keseimbangan tubuh saat melakukan dribbling.
3. Sentuhan bola harus menggunakan telapak kaki dan dilakukan secara berkesinambungan.
4. Pandangan harus fokus setiap kali bersentuhan dengan bola.



E. Teknik Dasar Menembak (Shooting)
Shooting adalah merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain, teknik dasar  ini merupakan cara untuk menghasilkan skor. Dimana setiap pemain Futsal memiliki kesempatan untuk menghasilkan gol dan memenangkan pertandingan. Shooting dapat dibedakan menjadi dua bagian, yakni shooting dengan menggunakan punggung kaki dan shooting dengan menggunakan ujung kaki.
Yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan shooting dengan menggunakan punggung kaki yaitu;
1. Letakkan kaki tumpuan tepat berada disamping bola, bukan kaki yang akan melakukan                        tendangan.
2. Pergunakan bagian punggung kaki dalam melakukan shooting.
3. Fokus kan pandangan kearah bola tepat berada ditengah-tengah bola saat ketika punggung kaki          bersentuhan dengan bola.
4. Kunci tumit kaki dimana saat bersentuhan dengan bola lebih kuat.
5. Posisi badan agak condong kedepan, Jika badan tidak condong kedepan besar                                      kemungkinan perkenaan bola dibagian bawah mengakibatkan bola akan melambung tinggi
6. Teruskan dengan gerakan lanjutan, dimana saat bersentuhan dengan bola ayunan kaki jangan              dihentikan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket

Sedangkan untuk shooting dengan menggunakan ujung kaki sama halnya saat kita melakukan shooting dengan menggunakan punggung kaki, hanya perbedaannya pada saat kita melakukan shooting perkenaan nya tepat di ujung kaki atau di ujung sepatu.

 Demikianlah yang boleh saya terangkan mengenai Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Futsal ini. Untuk lebih bermanfaat lagi silahkan bagikan ke teman-teman anda. Terima kasih telah berkunjung ke blog pribadi saya ini, saya akan selalu memberikan informasi buat anda tentang olahraga.
Terima kasih. Salam Olahraga!!!!!!!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian dan Cara Melakukan Bleep Test

Bentuk dan Ukuran Lapangan Sepak Bola