Memahami Peraturan Permainan Badminton

Image
Permainan Badminton Halo sahabat blogger, selamat berjumpa kembali dengan saya di pojok lensa olahraga, saya berharap anda dalam keadaan sehat dan masih tetap terus melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh anda. Baiklah untuk kali ini saya akan coba membahas tentang memahami peraturan permainan badminton. Peraturan dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah ketetapan yang harus ditaati dan dimengerti oleh setiap pemain yang akan mengikuti pertandingan. Karena itu tidak cukup bagi seorang pemain hanya memiliki kemampuan yang hebat, Akan tetapi juga harus dibekali dengan pemahaman akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan-aturan baku yang telah disepakati dalam permainan bulu tangkis. Peraturan Permainan Badminton Dibawah ini peraturan-peraturan yang harus dipahami oleh seorang pemain dalam permainan bulu tangkis antara lain: 1. Peraturan Service Permainan Bulu tangkis Servis (Service) Merupakan pukulan pertama ke arah lawan yang dilakukan untuk memulai suatu permai

Mengenal Lebih Dekat OLahraga YOGA

Selamat berjumpa kembali sahabat blogger, saya berharap para sahabat blogger dalam keadaan sehat. Kali ini penulis akan mencoba menjelaskan tentang olahraga Yoga. Nah, Mungkin beberapa dari sahabat blogger bertanya-tanya akan olahraga yang satu, memang olahraga ini tidak cukup terkenal seperti olahraga sepak bola, basket dan bola voli namun olahraga ini cukup baik untuk tubuh kita, selain melatih konsentrasi tubuh dan juga olahraga ini cukup menyita fisik tubuh manusia.
Dibawah ini saya akan jelaskan tentang pengertian olahraga yoga, tujuan olahraga yoga, macam-macam olahraga yoga dan manfaat dari olahraga yoga itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita membaca penjelasan dibawah ini.


1. Pengertian Olahraga Yoga
Jika ditarik secara etimologi, yoga berasal dari bahasa sanskerta kuno yaitu “Yuj” yang artinya union atau penyatuan diri. Yoga sendiri memiliki tiga arti berbeda yaitu penyerapan (samadhi (yujyate), menghubungkan (yunakti) dan pengendalian (yojyanti).
Pengertian yoga sendiri merupakan suatu ilmu yang menjelaskan keterkaitan antara fisik, mental dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan menyeluruh (Holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India Kuno. Yoga pertama kali diperkenalkan oleh seorang tokoh legenda India yang hidup sekitar tahun 200-500 SM bernama Patanjali dalam buku Yoga Sutras.
Yoga sendiri merupakan penyatuan antara jiwa spiritual dengan jiwa universal atau pembatasan pikiran yang selalu bergerak atau suatu sistem yang sistematis dalam melakukan latihan rohani untuk mencapai ketenangan batin dan melakukan latihan fisik untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani sehingga disebut Jiwan Mukti. Yoga adalah aktivitas gerakan olah tubuh dan juga pikiran yang sangat fokus pada kekuatan dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Bentuk tubuh merupakan rangkaian gerakan dan pernapasan adalah komponen utama yoga.
Yoga adalah olahraga begitu digemari pada masa kini, olahraga yang satu ini sangat mudah digunakan dan kapan saja bisa serta tidak membutuhkan banyak tempat. Yoga adalah 6 dari filsafat hindu dan aktivitasnya berupa meditasi mengerahkan panca indra-nya dan pikiran secara menyeluruh. Bahkan yoga bisa dijadikan pengobatan alternatif dilakukannya pemanasan, olah tubuh atau meditasi. Orang yang melakukan yoga disebut yogis, dan yogin bagi pria dan yogini bagi wanita.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Olahraga Renang
2. Tujuan Olahraga Yoga
Tujuan Yoga merupakan perluasan kesadaran manusia hingga sebegitu jauh sehingga bisa disamakan dengan kesadaran alam semesta. Hal tersebut harus dicapai dengan realisasi prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip fisik dan mental dan sebenarnya merupakan kepribadian diri kita sendiri yang abadi dan benar. Di masa kini yoga dipandang sebagai suatu teknik yang bermanfaat untuk mencapai kebugaran dalam kehidupan sehari-hari dan mencegah serta menyembuhkan berbagai macam penyakit atau gangguan tertentu.


3. Macam-Macam Gerakan Yoga
Banyak sekali jenis-jenis yoga, namun pada umum-nya jenis yoga adalah sebagai berikut:

  • Bikram Yoga

Yang diperkenalkan Bikram Choudory. Dilakukan dengan cara berada dalam ruangan tertutup yang memiliki suhu tinggi, 32-42°C. Ruangan yang memiliki suhu tinggi, durasi latihan 90 menit sampai 45 menit dengan sikap berdiri, 45 menit setelah itu melakukan gerakan di lantai. ada dua latihan pernapasan, 26 latihan gerakan. Manfaat gerakan ini adalah dapat membuat lebih peka dan mudah berkonsentrasi. Suhu ruang yang tinggi dapat mengeluarkan racun dan membuang stres. Bisa juga teknik ini dapat menurunkan berat badan.

  • Prenatal Yoga

Jenis prenatal yoga adalah senam yoga yang untuk bagi ibu hamil. Ada beberapa kategori disesuaikan dengan umur kehamilan sang ibu. Proses bernapas yang dilakukan secara teratur dapat membantu ibu dapat menjalani proses melahirkan. Manfaatnya adalah membangkitkan kesadaran sang ibu akan kondisi tubuh dan janin-nya. Membantu ibu agar lebih rileks menghadapi kondisi kehamilannya.

  • Vinyasa

Bisa juga disebut dengan nama flow yoga. Jenis senam yoga ini dilakukan dengan cara gerakan-gerakan berirama dan dinamis gerakan yang mirip dengan berdansa. Komponen utamanya adalah pernapasan dan dengan gerakan selaras sama. Manfaat senam yoga ini adalah menyelaraskan tubuh dengan kekuatan napas yang dimiliki.

  • Hatha Yoga

Jenis ini merupakan paling cocok bagi pemula untuk melakukan yoga. Hatha yoga adalah menekankan pada teknik asana (postur), pranayama (olah nafas), bandha (kuncian) serta mudra (gestur). Jenis hatha yoga meliputi latihan fisik yang ringan, melibatkan setiap sendi pada tubuh dalam gerakan yang memperkuat, mengendurkan, dan menyamakan setiap anggota tubuh. Manfaat jenis yoga ini adalah membantu menyamakan pikiran dan tubuh, meningkatkan kesehatan, serta mengurangi stress.

  • Ashtanga Yoga

Jenis yoga ini hampir sama aerobik. Jenis ini latihan fisik dan sinkronisasi dengan pernafasan. Gerakannya dilakukan secara progresif, tanpa jeda, dengan serangkaian bentuk gerakan yoga yang dapat membuat berkeringat. Manfaatnya adalah meningkatkan sirkulasi darah dan stamina tubuh, menurunkan berat badan, serta memperkuat otot-otot.

  • Iyengar Yoga

Yoga iyengar ini adalah kekuatan dan daya tahan tubuh. Yang  membedakan iyengar dengan jenis lain adalah penggunaan alat bantu seperti tali, bantal, dan blok.  Cocok untuk segala jenis usia. Manfaatnya adalah bentuk terapi menyembuhkan penyakit tertentu, misalnya susah tidur dan migrain. Manfaat lainnya meningkatkan keselarasan antara proses bernapas dengan beraksi, meningkatkan konsentrasi, fleksibilitas, dan daya tahan tubuh manusia.

  • Kundauni Yoga

Kundauni yoga dikenal juga sebagai jenis yoga untuk kesadaran. Yoga kundauni menekankan pada aliran dan pernapasan. Teknik  ini melakukan teknik pernapasan dengan cara bernapas cepat dan berirama. Manfaatnya membangkitkan energi kundalini, di mana potensi psikoenergetik akan memandu Anda mencapai peningkatan spiritual.

  • Power Yoga

Jenis yoga ini pengembangan dari ashtanga yoga. Bisa juga disebut gym yoga karena menggabungkan antara gerakan elastisitas, latihan kekuatan, dengan meditasi. Teknik ini menekankan pada kekuatan dan fleksibilitas. Manfaatnya meningkatkan kekuatan otot.

  • Ishta Yoga

Yoga ini kombinasi klasik dan kontemporer, yaitu hatha, tantra, dan ayurveda. Manfaatnya adalah menjaga kestabilan fisik dan mental.

Baca Juga : Pengertian Panjat Tebing 
4. Manfaat Olahraga Yoga Bagi Tubuh
Banyak sekali manfaat yoga jika dilakukan secara rutin dan teratur, adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi risiko akibat penyakit kronis
  2. Sarana relaksasi
  3. Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  4. Menurunkan berat badan.
  5. Meningkatkan massa otot dan memperbaiki bentuk tubuh
  6. Meningkatkan keseimbangan
  7. Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin (hormonal) di dalam tubuh.
  8. Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak.
  9. Membentuk tubuh yang lebih tegap, serta otot yang lebih lentur dan kuat.
  10. Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas.
  11. Membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  12. Meremajakan sel tubuh dan memperlambat kemunduran fungsi tubuh yang tidak terelakkan sejalan dengan peningkatan usia.
  13. Memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung.
  14. Mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental, serta membuatnya lebih kuat saat menghadapi stres.
  15. Memberikan kesempatan untuk merasakan relaksasi yang mendalam.
  16. Meningkatkan kesadaran pada lingkungan.
  17. Meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif.


Demikianlah sedikit pembahasan saya tentang olahraga YOGA yang boleh saya tuliskan pada saat ini. agar lebih bermanfaat lagi bagikan ke teman-teman kamu dan silahkan berikan komentar anda. Terima kasih sudah mampir ke blog pribadi saya ini. Salam Olahraga !!!.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian dan Cara Melakukan Bleep Test

Bentuk dan Ukuran Lapangan Sepak Bola