Memahami Peraturan Permainan Badminton

Permainan Badminton
Halo sahabat blogger, selamat berjumpa kembali dengan saya di pojok lensa olahraga, saya berharap anda dalam keadaan sehat dan masih tetap terus melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh anda. Baiklah untuk kali ini saya akan coba membahas tentang memahami peraturan permainan badminton.

Peraturan dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah ketetapan yang harus ditaati dan dimengerti oleh setiap pemain yang akan mengikuti pertandingan. Karena itu tidak cukup bagi seorang pemain hanya memiliki kemampuan yang hebat, Akan tetapi juga harus dibekali dengan pemahaman akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan-aturan baku yang telah disepakati dalam permainan bulu tangkis.




Peraturan Permainan Badminton
Dibawah ini peraturan-peraturan yang harus dipahami oleh seorang pemain dalam permainan bulu tangkis antara lain:

1. Peraturan Service Permainan Bulu tangkis
Servis (Service) Merupakan pukulan pertama ke arah lawan yang dilakukan untuk memulai suatu permainan bulu tangkis dan juga menjadi serangan awal untuk merebut poin . Tips agar bisa melakukan service yang baik dan benar bisa dibaca pada Cara Servis yang Betul Dalam Bulu tangkis.
Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) dan harus silang menyeberangi jaring ke area lawan. Apabila seorang pemain pada saat melakukan servis yang mengakibatkan shuttelcock jatuh di luar area lapangan, maka shuttelcock  dinyatakan keluar dan poin untuk tim lawan. Perbedaan antara partai tunggal dan ganda memiliki area servis masing-masing yang berbeda. Pemilihan service dilakukan sebelum permainan dimulai, seorang wasit akan melakukan pemilihan terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang pertama berhak melakukan servis.

Dibawah peraturan servis yang harus perlu diperhatikan seorang pemain dalam permainan bulu tangkis antara lain :

  1. Pada saat memukul, tinggi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket.
  2. Perkenaan shuttelcock harus berada di bawah pinggang.
  3. Kaki kiri statis.
  4. Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.
  5. Rangkaian mengayun raket, harus dalam satu rangkaian.
  6. Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.

Kesalahan yang sering terjadi dalam servis permainan olahraga bulu tangkis :

  1. Pada saat memukul bola, kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan pegangan raket.
  2. Titik perkenaan shuttelcock, kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang.
  3. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan.
  4. Kaki kiri melakukan langkah.
  5. Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul.
  6. Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus.
  7. Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul.

Jenis-jenis Servis (Service) Dalam Permainan Badminton
Ada tiga jenis servis dalam permainan bulu tangkis yang harus dikuasai oleh seorang pemain bulu tangkis yaitu servis pendek, servis tinggi dan servis setengah tinggi (Flick). Akan tetapi biasanya kita lebih mengenalnya dengan istilah servis forehand dan backhand yang merupakan gabungan dari beberapa jenis service tersebut.


  • Servis Forehand

Dalam melakukan servis forehand dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu; servis forehand pendek dan tinggi. Servis forehand pendek bertujuan untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. Sedangkan servis forehand tinggi lebih sering digunakan dalam permainan tunggal.
Cara melakukan servis forehand pendek bulu tangkis / badminton

  1. Pukul bola kok dengan ayunan raket yang relatif pendek
  2. Di saat perkenaan antara daun raket dengan kok, siku dalam keadaan bengkok untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan
  3. Perhatikan peralihan titik berat badan kita.
  4. Lakukanlah teknik servis ini berulang kali dengan menggunakan kok untuk melatih tangan agar menghasilkan servis yang berkualitas.

 Cara melakukan servis forehand tinggi dalam dalam permainan bulu tangkis 

  1. Pukul bola kok sekuat tenaga agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
  2. Disaat memukul bola kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.
  3. Lakukanlah gerakan ayunan raket ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan dengan sempurna diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang menuju kaki depan yang harus berlangsung secara berkesinambungan dan harmonis.
  4. Berlatih secara rutin dan berulang-ulang agar menguasai teknik ini dengan baik dan berkualitas.




  • Servis Backhand

Servis jenis backhand ini pada umumnya digunakan oleh pemain ganda. Arah dan jatuhnya shuttelcock ditempatkan dekat dengan garis serang pemain lawan dan sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net).
Cara melakukan servis backhand

  1. Letakkan kaki kanan berada di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan.
  2. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut ditekuk, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  3. Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan dengan irama gerak secara berkesinambungan dan harmonis.
  4. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  5. Perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.



2. Garis Lapangan dan Service Dalam Badminton
Lapangan yang digunakan dalam pertandingan bulu tangkis antara partai ganda dan partai tunggal memiliki perbedaan. Dalam permainan bulu tangkis setiap garis lapangan memiliki fungsinya masing-masing. Garis samping memiliki 2 garis (Luar dan dalam) dan garis belakang juga memiliki 2 garis (Luar dan dalam).
Untuk area bidang permainan bulu tangkis, garis samping dalam dan garis belakang luar hanya berlaku untuk permainan tunggal sedangkan garis samping luar dan garis belakang luar hanya berlaku untuk permainan partai ganda.
Bidang area service permainan bulu tangkis untuk partai tunggal adalah garis samping dalam dan garis belakang luar, sedangkan untuk area service untuk partai ganda adalah garis samping luar dan garis belakang bagian dalam.
Untuk tebal garis, ukuran panjang dan lebar lapangan badminton/ bulu tangkis bisa dilihat gambar dibawah ini.



3. Nomor/ Bentuk Permainan Badminton
Ada lima nomor yang dipertandingkan dalam permainan bulu tangkis yang biasa dimainkan, yaitu:

  1. Nomor tunggal putra, yaitu permainan yang dimainkan oleh seorang pemain putra dengan seorang pemain putra dari lawan. Contoh pemain tunggal putra adalah Taufik Hidayat, Anthony Ginting, Jonathan (Jojo)
  2. Partai tunggal putri , yaitu permainan yang dimainkan oleh seorang pemain putri dengan seorang pemain putri dari tim lawan. Contoh pemain tunggal putri adalah Susi Susanti.
  3. Partai ganda putra, yaitu permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain putra dengan dua orang pemain putra dari tim lawan. Contoh pemain ganda putra adalah Markus/Kevin, Hendra/Ahsan dan Fajar/Rian
  4. Partai ganda putri, yaitu permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain putri dengan dua orang pemain putri dari tim lawan. Contoh pemain ganda putri adalah Greysia Poli dan Nitya Krishinda.
  5. Partai ganda campuran,yaitu permainan yang dimainkan oleh pasangan putra putra dengan pasangan putra putra putri juga dari tim lawan. Contoh pemain ganda campuran adalah Tantowy Ahmad dan Lilyana Natsir.

4. Sistem Penilaian Dalam Permainan Badminton
Ada beberapa jenis penilaian atau perhitungan poin dalam permainan bulu tangkis diantaranya adalah sistem pindah bola serta sistem poin. Beberapa peraturan yang diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem  poin.


  • Sistem Pindah Bola Dalam Permainan Badminton

Peraturan perhitungan poin dalam sistem pindah bola dalam permainan bulu tangkis ditentukan sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai “orang pertama” yang akan melakukan servis. Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang akan dimainkan.
Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi “orang pertama” saat melakukan servis.
Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan untuk melakukan servis (masing-masing untuk setiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh “orang pertama”.


  • Sistem Reli Poin Dalam Permainan Badminton

Peraturan perhitungan poin dalam sistem reli poin dalam permainan bulu tangkis adalah setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan untuk melakukan servis, tidak ada servis kedua.
Setiap servis yang akan dilakukan oleh pemain ditentukan berdasarkan posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.
Sistem perhitungan reli poin pada bulu tangkis telah mengalami banyak perubahan, mulai dari sistem klasik yaitu pindah bola 15 poin sampai sistem terbaru, sistem reli 21 poin. Terhitung sejak Mei 2006 pada kejuaraan resmi seluruh partai tunggal maupun ganda menggunakan sistem perhitungan 3 × 21 reli poin.



Poin yang tertinggi dalam setiap set adalah 21 poin kecuali jika terjadi perpanjangan (Deuce) yang dikarenakan terjadi perolehan poin yang sangat ketat antara kedua pemain sehingga harus diperpanjang hingga selisih jarak 2 poin sesuai dengan ketetapan. 
Pemain bisa dikatakan menang dalam sebuah pertandingan jika pemain tunggal maupun ganda bisa memenangkan dua set pertandingan secara langsung. Jika terjadi hasil yang sama kuat dalam dua set, maka akan dilanjutkan dengan set permainan yang ketiga.
Itulah beberapa peraturan dalam permainan badminton yang harus perlu diketahui.

Demikianlah pembahasan saya tentang memahami peraturan permainan badminton yang boleh saya tuliskan untuk saat ini, semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi para pembaca. Untuk lebih bermanfaat lagi silahkan dibagikan kepada teman-teman anda. Saya ucapkan Terima Kasih!!!

Comments

  1. Mantap!!
    Pengetahuan semakin bertambah

    ReplyDelete
  2. Thank you for content. I like it and my site is different for your site. please visit my site. เล่นบาคาร่า

    ReplyDelete
  3. AYOPOKER | Situs Judi Poker Online Terbaik | Agen Judi Terbesar, Terlengkap Dan Terpercaya

    Bingung cari Bandar judi yang Terpecaya ?
    Bingung cari Situs Judi dengan Persentase kemenangan terbaik ?

    Daftar sekarang di AYOPOKER
    Agen Judi Terbesar, Terlengkap Dan Terpercaya
    Agen dengan penarikan uang kemenangan terbaik
    Situs Judi dengan Persentase kemenangan terbaik ?

    menang berapapun pasti di bayar !!!
    Proses Depo / WD Hitungan menit , Terbaik dan Tercepat .

    Bonus Turn over mingguan 0.5%
    BONUS REFFERAL 0.3%

    Tersedia game

    ~ IDNPOKER
    ~ DOMINOQQ
    ~ CEME
    ~ CEME KELILING
    ~ CAPSA SUSUN
    ~ SUPER 10
    ~ OMAHA
    ~ BLACKJACK
    ~ SUPERBULL
    ~ QQ-SPIRIT

    Tersedia deposit Via Bank
    ~ BRI ~ BNI ~ DANAMON ~ BCA ~ MANDIRI

    Contact Us :
    WA : +6281394884257

    Link Alternatif AYOPOKER
    https://167.99.151.141/

    ReplyDelete
  4. Hebat banget min artikelnya bisa dapet informasi yang detail banget begini. Makasih ya min. Emang ya dunia ini cepat banget berkembang, apalagi banyak banget investasi kaya saham, kripto dan lain lain. Lebih kerennya juga banyak GAME YANG BISA HASILIN UANG. Uang yang didapet juga bisa banyak banget. Hebat dan keren banget gaksih? Saya juga sampe kaget dulu tuh gaada kaya gini. emang ya dunia sudah cepat berkembang sekali.

    SLOT99 ONLINE TURBO303

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian dan Cara Melakukan Bleep Test

Bentuk dan Ukuran Lapangan Sepak Bola