Memahami Peraturan Permainan Badminton

Image
Permainan Badminton Halo sahabat blogger, selamat berjumpa kembali dengan saya di pojok lensa olahraga, saya berharap anda dalam keadaan sehat dan masih tetap terus melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh anda. Baiklah untuk kali ini saya akan coba membahas tentang memahami peraturan permainan badminton. Peraturan dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah ketetapan yang harus ditaati dan dimengerti oleh setiap pemain yang akan mengikuti pertandingan. Karena itu tidak cukup bagi seorang pemain hanya memiliki kemampuan yang hebat, Akan tetapi juga harus dibekali dengan pemahaman akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan-aturan baku yang telah disepakati dalam permainan bulu tangkis. Peraturan Permainan Badminton Dibawah ini peraturan-peraturan yang harus dipahami oleh seorang pemain dalam permainan bulu tangkis antara lain: 1. Peraturan Service Permainan Bulu tangkis Servis (Service) Merupakan pukulan pertama ke arah lawan yang dilakukan untuk memulai suatu permai

Jenis-Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket

Pelanggaran Dalam Permainan Bola Basket

Dalam perkembangannya saat ini olahraga basket memang banyak disukai oleh para pelajar dan bahkan juga orang dewasa. Di negara indonesia sendiri banyak juga mengadakan kompetisi baik tingkat pelajar dan juga tingkat nasional yaitu NBL Indonesia.

Dalam kompetisi itu banyak juga menghasilkan pemain-pemain yang sangat handal, Sebagai seorang pemain yang baik menjadi suatu kewajiban untuk mematuhi peraturan dalam permainan bola basket tersebut.



Dalam suatu permainan pasti ada yang namanya pelanggaran, Nah disini kita akan membahas masalah tentang berbagai macam pelanggaran dalam permainan dalam bola basket.
Dibawah ini akan saya jelaskan secara satu persatu tentang jenis pelanggaran yang ada dalam permainan bola basket.


1. Pelanggaran Teknik
Pelanggaran yang terjadi karena pemain mengabaikan peringatan atau teguran dari wasit atau terlebih banyak melakukan protes dan kontak fisik dengan wasit.

2. Pelanggaran Perorangan
Pelanggaran yang diakibatkan karena pemain melanggar peraturan atau melakukan kontak fisik yang tidak diperbolehkan.

3. Travelling
Pelanggaran yang terjadi apabila seorang pemain tidak mendribble bola dalam 3 langkah saat berlari atau maupun berjalan.

4. Reaching Foul
Pelanggaran yang terjadi saat pemain bertahan melanggar pemain lawan dengan reaching atau posisi defensive yang salah.

5. Offensive Foul
Pelanggaran yang dilakukan saat kita menabrak lawan yang dalam posisi hands-up saat kita melakukan ilegal pick.

Baca Juga: PERATURAN-PERATURAN DALAM PERMAINAN BOLA FUTSAL

6. Foul Out
Pelanggaran yang diakibatkan karena seorang pemain yang telah melakukan pelanggaran lebih dari 5 kali melakukan pelanggaran biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA) atau telah melakukan pelanggaran teknikal 2 kali dalam 1 pertandingan, Maka pemain tersebut harus keluar dari pertandingan.

7. Doubele Dribble
Pelanggaran ini terjadi ketika seorang masih pemain mendribble bola saat bola dalam keadaan mati.


8. Teknikal Foul
Pelanggaran yang berhubungan dengan peraturan pertandingan secara teknis seperti perseorangan memprotes wasit terus menerus secara kasar, tidak menghargai wasit, mengeluarkan kata kotor, melakukan kekerasan kepada lawan, memaki dan lain sebagainya.

9. Three Second Violation
Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada didaerah tembakan bebas selama 3 detik.

10. Defensive 3 Second
Pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain diam didaerah tim sendiri selam 3 detik pada saat lawan melakukan offensive dan lawan diijinkan melakukan tembakan 1 kali throw in.

11. Offensive 3 Second
Pelanggaran yang terjadi  ketika seorang pemain diam didaerah lawan selama 3 detik pada saat lawan melakukan defensive dan bola berpindah kearah lawan.

12. 24 Secon Violation
Pelanggaran yang terjadi ketika tim A tidak melakukan shooting/dunk kering lawan melewati batas waktu selama 24 detik dan bola akan berpindah ke tim B.

13. 8 Second
Pelanggaran yang terjadi ketika salah seorang dari tim A tidak keluar dari posisi defensive/daerah sendiri selama 8 detik saat setelah bola dipegang tim A yang lain saat melakukan offensive dan sedang berada didaerah tim, Dan bola akan kembali beralih ke tim B.

14. Back Ball
Pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain yang sedang medribble bola yang sudah melewati garis setengah lapangan kembali membawa mendribble bola ke daerah pertahanan sendiri.

Baca Juga: CONTOH PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER BASKET SMP

15. Blocking Foul.
Pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain melakukan pelanggaran keras saat menghalangi pemain lawan.

16. Team Foul
Pelanggaran yang terjadi dalam satu team per babak nya dan apabila sudah mencapai skor 5  maka akan diberikan free throw kepada tim lawan.

17. Personal Foul
Pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain melakukan pelanggaran untuk perseorangan maksimal 4 kali foul kalau terjadi 5 kali maka akan diberikan foul out.

18. Pushing
Pelanggaran yang terjadi apabila saat bermain melakukan dorongan kepada tim lawan.


Demikianlah jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang boleh saya terangkan untuk saat ini, dimana diatas sudah saya jelaskan satu persatu, untuk lebih bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman anda, Saya akan selalu berusaha menyediakan informasi buat anda tentang olahraga, Terima kasih. Salam Olahraga!!!!!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian dan Cara Melakukan Bleep Test

Bentuk dan Ukuran Lapangan Sepak Bola